Jenis kain kaos distro

Hallo sobat, saya akan merangkum jenis kain kaos yang umum atau biasa dipakai oleh pemilik toko kaos atau distro.



1. Kain Katun atau Cotton
    Kain cotton ada banyak jenis :
    A. Cottton Combed
Cotton combed juga punya banyak tipe seperti :

1. Cotton combed 30s
    cotton combed 30s biasa digunakan untuk kaos distro, kain jenis ini sangat tipis, lembut dan mahal,
Bahan Combed 30s menggunakan gramasi yang berkisar antara 140 – 160 gr/m2 dengan untuk jenis rajutan Single Knitt.
biasanya kaos distro berbahan ini harganya mahal karena nyaman dipakai dan adem.

2. Cotton combed 24s
     cotton combed 24s juga digunakan untuk kaos distro, tingkat ketebalan sedang.agak lembut dan harga dibawah cotton combed 30s.
Untuk bahan Combed 24 dengan rajutan ‘s’, biasa gramasi bahan kaos yang digunakan berkisar antara 170 – 210 gr/m2. Bahan Combed 24.
biasanya kaos distro berbahan ini harganya sedang tidak dan mahal tidak  murah.

3. Cotton combed 20s
    cotton combed 20s tergolong jenis kain cotton paling tebal, namun masih ada juga pelaku usaha distro yang menggunakan bahan kain jenis ini, untuk harga sangat murah.
Bahan kain Katun Combed 20s memiliki gramasi bahan kaos atara 180 – 220 gr/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt.
biasanya kaos distro berbahan kain ini harganya murah, karena agak panas ketika dipakai dan cenderung kasar, sesuai dengan harganya.

4. Cotton combed 40s
    cotton combed 40s adalah bahan kain paling tipis, lebih tipis dari cotton combed 30s, jenis ini juga sering digunakan untuk kaos distro, namun tidak semuanya karena harganya mahal.
Bahan ini merupakan bahan paling tipis di antara Katun Combed yang lain. Biasa produksi gramasi antara 110 – 120 gr/m2 dengan jenis rajutan Single Knitt.

    B. Cotton Cardet
Cotton combed juga punya banyak tipe seperti :

1. Cotton cardet 20s
2. Cotton cardet 24s
3. Cotton cardet 30s

Umumnya kaos yang menggunakan bahan jenis ini adalah kaos yang dijual secara grosir dengan harga menengah.
kaos distro tidak mengunakan bahan kain jenis ini.

   C. Cotton Bamboo
Cotton Bamboo merupakan jenis bahan kain yang terbuat dari serat katun, tapi yang membedakan dari katun lainnya adalah bahan pembuatan katun itu sendiri. Serat katun yang biasanya dibuat dari serat kapas, khusus untuk bahan kain ini katunnya dibuat dari serat bambu. Karena itulah disebut Cotton Bamboo.

Bahan kain yang lembut dan nyaman, cocok untuk dijadikan kaos

Sama halnya dengan bahan kain dari serat kapas. Cotton Bamboo juga memiliki tekstur yang lembut, lentur, dapat menyerap air dengan baik, dan ringan. Dengan menggunakan teknologi garmen yang canggih, serat bambu yang kasar dapat dibuat lebih lembut.
Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa Cotton Bamboo memiliki kelembutan yang mirip dengan Cashmere Wool. Cashmere Wool sendiri adalah jenis bahan kain wol yang dibuat dari bulu domba.

Bahan kain yang anti bakteri

Di alam bebas, bambu merupakan tubuhan terhindar dari bakteri dan serangga. Bambu mengandung zat antibakteri alami bernama penny quinone. Zat ini juga ditemukan dalam serat bambu yang digunakan untuk bahan kain Cotton Bamboo.
Kaos yang menggunakan Cotton Bamboo memiliki kelebihan antibakteri dan anti serangga, semacam kutu. Kelebihan ini dapat menjaga kaos agar lebih awet karena bahan kainnya tidak cepat rusak.

Bahan kain dengan daya serap tinggi dan cepat kering

Koas yang nyaman digunakan adalah yang menggunakan bahan kain dengan daya serap air yang baik. Jadi saat kaos dipakai dapat menyerap keringat sehingga terasa adem dan nyaman. Akan lebih baik lagi jika bahan kain yang digunakan bisa cepat kering dan membuat kulit tetap kering.
Serat bambu memang memiliki kemampuan kapilaritas yang sangat baik. Sehingga dapat menyerap air dengan cepat dan melepasnya kembali ke udara.
Karena cepat kering sehingga bahan kain tidak lembab dan membuat kaos bau apek. Pakaian atau kaos dengan bahan kain seperti ini sangat cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia.

Cotton Bamboo tidak menimbulkan alergi

Sebagian orang memiliki alergi terhadap bahan kain tertentu karena berbagai faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi alergi seperti kelembaban kain yang tinggi, mudah berbau, mudah berkembangnya bakteri atau kutu. Cotton Bamboo tidak memiliki faktor-faktor tersebut, sehingga lebih aman dan kecil kemungkinan menimbulkan alergi.

Bahan anti bau

Serat bambu memiliki struktur pori-pori kecil yang banyak sehingga kain memiliki daya serap yang tinggi. Kain ini mampu menyerap formaldehyde, benzene, toluene, ammonia, dan bahan-bahan berbahaya lainnya yang bisa menimbulkan bau.

Bahan kain ramah lingkungan

Bambu merupakan tumbuhan yang sangat cepat tumbuh dan hanya membutuhkan air hujan untuk tumbuh. Selain itu, bambu juga tidak perlu pestisida atau herbisida untuk menjaganya dari gangguan hama. Bambu juga tidak perlu lahan yang luas karena sifat tumbuhnya yang berkerumun di satu lokasi saja. Secara natural, pohon bambu tidak perlu perlakuan khusus dalam pelestariannya.
Bahan kain dari serat bambu juga sangat mudah terurai (degredable). Sangat ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah yang sulit diurai oleh alam.
Cotton Bamboo bisa dibuat baju anak, aneka jenis kaos, polo, pakaian dalam, kaos kaki hingga masker. Bahan kain yang memiliki banyak kelebihan yang memberi berbagai manfaat bagi pemakainya.

semoga bermanfaat, jangan sungkan untuk bertanya, silahkan komentar dibawah ya sob :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar